Karakteristik Fisik Ayam Serama

Posted by Komunitas Serama Lamongan 0 komentar
Physical characteristics and Chicken Serama
Keseimbangan struktur tubuh penting dalam pemilihan serama ayam. Apalagi jika ayam serama akan Ikut kontes. Ini adalah ciri khas Ayam Serama.

Bagian tubuh seperti panjang tubuh, leher, bahu, pinggul, punggung, ukuran dada, harus sangat proporsional, susunan kompak ekor.

Leher membutuhkan sedikit lebih lama untuk memungkinkan kepala mungkin sedikit menekuk ke belakang saat dada membengkak.

Area atau lebar bahu tampak seolah-olah posisi di belakang dada. Seimbang dan semakin kecil ke permukaan bawah dada panggul. Lebar dan dada yang besar dengan struktur tinggi. Untuk menemukan dada bagus, tarik garis 45 derajat jelas. "Dada lebih baik jika dalam lingkaran sedikit melebihi bagian atas garis lapangan," kata Toh alias The Chooi Leong, penggemar serama di negara tetangga Malaysia.

Tubuh pendek seimbang dengan dada. Jika diamati, seluruh tubuh terlihat proporsional dan kompak, tapi itu tidak berarti cebol. Warna bulu juga harus diselaraskan dari segala arah, seragam, stabil, dan tidak ada noda.

Warna rambut cerah, mengkilat, dan tidak terlihat kusam. Warna-warna kontras seperti merah dan hitam menyebar merata. Kaki tampak paralel, tidak karuan, berdiri kuat dan seimbang tanpa ekor yang terdiri miring ke samping. Komposisi ekor diamati.
Terbagi menjadi dua bagian dari bulu ekor, ekor dari masing-masing dari jumlah pokok sampai 6 pada ekor bulu kiri dan kanan dan ekor yang naik tegak lurus. Ekor harus besar, luas terkesan, dan tersusun rapi.

Sebagai serama ayam utuh akan muncul sehat, bebas penyakit, kotoran, anus bersih, lubang telinga bersih. Paruh, kuku, dan rambut, terawat. Kesehatan dapat dilihat dari sisir merah terang, tidak rusak dan bebas dari cacar. Dia harus menjadi jinak, tidak mematuk, dan tidak bertengkar ayam ketika mendekat.

0 komentar:

Post a Comment