Cara Merapikan Jengger Ayam Serama

Posted by Komunitas Serama Lamongan 1 komentar
Komunitas Serama Lamongan - Jengger merupakan mahkota bagi ayam. Kadang tak selamanya kita mendapatkan ayam dengan Jengger yang baik ataupun tidak sesuai dengan kondisi fisik ayam tersebut. Untuk merubahnya bisa dengan sedikit operasi pembentukan kembali Jengger. Pada dasarnya Jengger tidak memiliki organ yang berbahaya jika di buang sebagian atau di bentuk kembali. Namun perlakuan untuk meminimalisir sakit dan luka sebaiknya kita lakukan hal-hal yang membuat ayam sedikit nyaman. Selain urusan luka, masalah estetika sangat dibutuhkan agar tampilan serama natural dan cantik.

Jengger ayam serama yang bentuknya kurang bagus


Pertama- tama kita gambar dulu jengger ayam dengan spidol untuk menentukan area potong. Bisa mencontoh gambar yang ada ataupun kreasi sendiri. Perhatikan garis tengah yang ada pada jengger (tanda panah). Sesuaikan dengan bentuk agar tidak memotong garis tengah. Karena garis tengah itu merupakan salah satu yang dilihat juri dalam menilai jengger.

Menggambar bentuk jengger dengan spidol


Setelah gambar sudah dibuat, suntikan bius lokal. Suntik pada beberapa titik terutama sekitar area potong. Setelah suntik, tunggu 1-2 menit. Pastikan bius bekerja dengan menusuk jengger dengan jarum suntik. Bila tidak ada reaksi, artinya bius sudah bekerja. Siap untuk pemotongan.

Melakukan pembiusan lokal dengan memberikan suntikan pada daerah jengger


Potong dengan hati-dan tenang agar pemotongan bisa rapih. Ikuti alur spidol yang telah dibuat.

Melakukan pemotongan jengger pada garis spidol yang sudah dibentuk


Setelah selesai. Bersihkan luka dan beri antiseptik pada luka. Ayam kini sudah dalam tampilan baru.

Bentuk jengger baru yang selesai dilakukan pemotongan


Source : Pesona Ayam Serama

1 komentar:

Rachmat Chaesar said...

sipp gan :)

Post a Comment