Waspada Bagi Para Pemula Ayam Serama

Posted by Komunitas Serama Lamongan 0 komentar
Serama Lamongan - "Ini serama grade A kok lebih murah dari grade B? Kok bisa?" tanya Budi, pemula yang sedang menawar serama di salah satu farm. Ada juga kasus Wahyu seorang pemula yang mencari serama disela-sela ramainya kontes di kawasan Jakarta Pusat. Wahyu medapati pedagang yang menjamin jika gede nanti serama anakan yang ia jual akan memiliki grade A. Pengalaman pemula yang berburu serama berkualitas, beraneka ragam. Kesimpang siuran dan malas bertanya membuat ekspektasi mereka akan grade serama menjadi keliru.

Grade dalam serama hanya ada di arena kontes. Grade dalam serama tidak menggambarkan bagus tidaknya serama secara mutlak. Benar adanya semakin kecil serama semakin bagus mutunya. Namun bukan berarti klo serama kecil pasti bagus secara mutlak. Dalam kontes serama disamping kecil fisiknya, mental harus berani ditunjukkan dengan tempramen/perangai ayam dan aksesoris (bulu, jengger, kaki dan lainnya), serta yang tidak kalah penting adalah gaya pas dimeja kontes.

Bayangkan, bagus mana jika serama dengan berat 200 gram, tapi tidak bergaya di meja dengan serama dengan berat 400 gram tetapi bisa jetslam dan getar. Dalam kasus tersebut juri akan bingung membandingkan kedua serama tersebut. Akan ada polemik saat penjurian tergantung selera juri. Juri yag satu mungkin akan mementingkan ukuran ayam sedangkan juri lainnya akan mengganggap gaya serama lebih penting. Guna mengatasi polemik tersebut dibuatlah klasifikasi berdasarkan berat badan, yang dewasa ini berkembang tidak hanya berat badan namun juga ciri-ciri fisik lainnya. Jadi grade dalam kontes merupakan upaya mengklasifikasian serama saat kontes. Ibarat tinju, sangat tidak adil jika petinju kelas bulu bertarung dengan petinju kelas berat.

Ada berapa klasifikasi serama saat kontes, tergantung panitia kontes tersebut. Masing-masing kontes memiliki kelas kontes yang dilombakan berbeda-beda. Dalam menggelar acara kontes, panitia akan mempertimbangkan kesanggupan menyediakan sarana (juri, meja kontes, piagam, piala dan sebagainya) dan animo peserta dalam kelas tersebut. Fersi lengkap kelas kontes terbagi menjadi :

Klik Disini Macam - Macam Kelas Kontes

0 komentar:

Post a Comment